| 3. | Penanggung jawab PMR |
| | a. | Penanggung jawab Kelompok PMR sekolah adalah Kepala Sekolah, yang mengatur, memonitoring, dan mengevaluasi tugas Pembina PMR, dan Pelatih PMI di kelompok PMR tersebut |
| | b. | Penanggung jawab kelompok PMR Luar Sekolah adalah seseorang yang ditunjuk oleh PMI Cabang/Ranting, yang mengatur, memonitor, dan mengevaluasi tugas Pembina PMR, dan Pelatih PMI di kelompok PMR tersebut |
| | c. | Penanggung Jawab PMR, secara fungsional adalah anggota Tenaga Sukarela (TSR) PMI Cabang |
| | | |
| 4. | Pembina PMR |
| | a. | Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, atau guru yang ditunjuk oleh sekolah untuk melakukan pembinaan kelompok dan anggota PMR di sekolah ybs |
| | b.. | Seseorang yang ditunjuk oleh PMI Cabang/Ranting untuk melakukan pembinaan kelompok dan anggota PMR luar sekolah |
| | c. | Pembinaan PMR secara fungsional adalah anggota Tenaga Sukarela (TSR) PMI Cabang |
| | | |
| 5. | Pelatih PMI |
| | Pelatih adalah individu (Pengurus/staff/relawan) yang memenuhi kualifikasi pelatih sesuai dengan Pedoman Pelatih PMI. Lihat pedoman pelatih dan pelatihan |
| | | |
| 6. | Instansi terkait |
| | Pihak-pihak baik pemerintah, swasta, ataupun organisasi non pemerintah yang secara aktif mendukung pembinaan dan pengembangan PMR, a.I. departemen sosial, komite sekolah, UNICEF, UNFPA |
| | | |
| 7. | Pembinaan PMR |
| | a. | Upaya yang dilakukan untuk mengembangkan PMR, mencakup: perekrutan, pelatihan, pengembangan individu, pengembangan organisasi, Tri Bhakti PMR, pelaporan, monitoring, dan evaluasi |
| | b. | Pembinaan PMR diarahkan pada pengembangan karakter kepalangmerahan |
| | c. | Pengembangan karakter kepalangmerahan yaitu mengarahkan anggota PMR agar mengetahui, memahami, dan berperilaku sesuai prinsip dasar gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah. |
| | d. | Pembinaan berbasis pengembangan karakter dilaksanakan dengan pendekatan Keterampilan Hidup, yaitu proses pembinaan interaktif yang bertujuan memaksimalkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap (PKS) anggota PMR sehingga terjadi perubahan positif. Kemudian anggota PMR juga dapat berperan sebagai "peer educator" atau pelatih sebaya, yaitu yang dapat berbagi PKS kepada teman sebaya sehingga mendorong terjadinya perubahan perilaku positif pada remaja. Dengan demikian anggota PMR tidak hanya sebagai obyek, tetapi juga subyek yang terlibat aktif dalam siklus pembinaan PMR. |
| | | |
| 8. | Orientasi |
| | a. | Orientasi kepalangmerahan adalah proses pengenalan Gerakan Palang Merah/Bulan Sabit Merah dan PMI |
| | b. | Orientasi kepalangmerahan diperuntukan bagi setiap anggota PMI, termasuk anggota PMR dan Pembinaan PMR |
| | | |
| | | |
BAB II |
KEANGGOTAAN PMR |
| | | |
A. | PENGERTIAN |
| | | |
| Anggota PMR adalah anggota remaja berusia 10 - 17 tahun dan atau belum menikah, yang mendaftarkan diri dan terdaftar dalam kelompok. | |
| | | |
B. | SYARAT MENJADI ANGGOTA PMR |
| | | |
| 1. | Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang sedang berdomisili di wilayah Indonesia. |
| 2. | Berusia 10 tahun sampai dengan 17 tahun dan atau belum menikah atau seusia siswa SD/MI s/d SMU/MA atau yang sederajat |
| 3. | Mendapatkan persetujuan orang tua/wali |
| 4. | Bersedia mengikuti orientasi, pelatihan, dan pelaksanaan kegiatan kepalangmerahan |
| 5. | Mengisi formulir pendaftaran dan mengembalikannya kepada Pembina PMR dokelompok PMR masing-masing, untuk selanjutnya disampaikan kepada Pengurus Cabang Palang Merah Indonesia setempat. |
| | | |
C | PENGESAHAN ANGGOTA |
| Lihat Pelatihan Anggota PMR, hal |
| | | |
D | ANGGOTA PMR |
| | | |
| 1. | PMR Mula | : 10 - 12 tahun/ setingkat SD/MI/sederajat | |
| 2. | PMR Madya | : 12 - 15 tahun/setingkat SMP/MTS/sederajat | |
| 3. | PMR Wira | : 15 - 17 tahun/setingkat SMA/SMK/MA/sederajat | |
| | | |
E. | HAK DAN KEWAJIBAN |
| 1. | Hak dan Kewajiban Anggota PMR |
| | a. | Hak Anggota PMR |
| | | 1) | Mendapatkan pembinaan dan pengembangan oleh PMI | 2) | Menyampaikan pendapat dalam forum/ pertemuan resmi PMI | 3) | Berpartisipasi aktif dalam kegiatan PMR | 4) | Mendapatkan Kartu TAnda Anggota (KTA) | |
| | | |
| | b. | Kewajiban Anggota PMR |
| | | 1. | Menjalankan dan membantu menyebarluaskan prinsip-prinsip dasar gerakan Palang Merah dan kegiatan PMI | 2. | Mematuhi AD/ART | 3. | Melaksanakan Tri Bhakti PMR | 4. | Menjaga nama baik PMI | 5. | Membayar uang iuran keanggotaan | |
| | | |
| 2. | Hak dan Kewajiban Pembina PMR |
| | a. | Hak Pembina PMR |
| | | 1. | Mendapatkan pembinaan dan pengembangan kapasitas oleh PMI Cabang | 2. | Mengikuti musyawarah cabang dalam mengambil keputusan, dengan mekanisme: mengirimkan 1 orang Pembina PMR yang diputuskan melalui rapat forum komunikasi Pembina PMR | 3. | Mendapatkan pengakuan dan penghargaan atas partisipasi dan prestasi | 4. | Mendapatkan atribut sesuai dengan ketentuan PMI | |
| | | |
| | b. | Kewajiban Pembina PMR |
| | | 1. | Mematuhi AD/ART PMI | 2. | Mematuhi ketentuan dalam TSR PMI | 3. | Mengikuti orientasi kepalangmerahan dan pelatihan, minimal ditingkat PMI Cabang | 4. | Menjaga nama baik PMI | 5. | Melaksanakan sosialisasi kepalangmerahan | 6. | Berperan aktif dalam pembinaan dan pengembangan PMR | |
| | | |
F. | PERPINDAHAN ANGGOTA PMR |
| | | |
| Berhubung karena sesuatu hal, seorang anggota PMR pindah ketempat lain. Bagi mereka yang pindah maka diharapkan: |
| 1. | Membawa surat rekomendasi dari Pengurus PMI Cabang tempat semula mereka bergabung |
| 2. | Melaporkan/mendaftarkan kembali melalui kelompok PMR ditempat tinggalnya yang baru |
| | | |
G. | BERAKHIRNYA KEANGGOTAAN |
| | | |
| 1. | Keanggotaan PMR dinyatakan berakhirnya juka yang bersangkutan : |
| | a. | Berakhir masa keanggotaan |
| | b. | Mohon berhenti |
| | c. | Diberhentikan |
| | d. | Meningggal dunia |
| | | |
| 2. | Anggota PMR dapat diberhentikan oleh Pengurus PMI Cabang, apabila yang bersangkutan mencemarkan nama baik PMI dan atau dijatuhi hukuman pidana yang telah berkekuatan hukum tetap. |
| | | |
| 3. | Mekanisme penghentian anggota PMR ditetapkan oleh kelompok PMR yang bersangkutan, yang dikoordinasikan dengan PMI Cabang. |
1 komentar:
gimana sih cara bikin pmr yang aktif itu ? aku nih di skool juga dirikan pmr tapi masih dalam rangka perintisan.....asetyadi.com
Posting Komentar